TY - JOUR ID - digilib9016 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9016/ A1 - SRI ROHYANTI ZULAIKHA, - Y1 - 2008/12/01/ N2 - Seiring dengan kemajuan informasi, semua orang harus menyadari bahwa mereka dapat mengambil manfaat pada situasi tersebut untuk seluruh jenis kebutuhannya. Di era ini, setiap individu harus mempelajari tentang bagaimana memperoleh informasi dan berusaha untuk mengaturnya sehingga dapat berguna bagi masyarakat. Langkah ini merupakan proses pencapaian terhadap apa yang dinamakan dengan literacy. Saat ini, kemajuan tersebut sedang mencapai pada titik yang disebut sebagai ?the explosion of information? yang meliputi perbincangan Information Literacy, Computer Literacy, Technology Literacy dan Digital Literacy. Titik fokus dalam kajian ini adalah ?information litercy? yang dimaksudkan sebagai suatu kemampuan untuk menemukan dan menggunakan informasi yang hasilnya diharapkan tercapainya sebuah kontinuitas pemberdayaan informasi. Dengan kemampuan ini, lalu para siswa, mahasiswa, dan masyarakat secara umum dapat belajar secara mandiri. Berkaitan dengan hal tersebut, tulisan ini mencoba menganalisis model penerapan Information Literacy dengan pendekatan the Big Six Models yang ditawarkan oleh Eisenberg and Berkowitz. Artikel ini memperlihatkan bagaimana model tersebut dapat diterapkan kepada siswa(i) di sekolah serta peran perpustakaan dalam mengantisipasi penerapan ini. Terakhir, tulisan ini juga mencoba mengangkat pandanganpandangan para ahli tentang rekomendasi mereka dalam implementasi model tersebut terhadap Information Literacy. JF - FIHRIS, Volume III Nomor 2 (Juli-Desember 2008) KW - The Big Six Model KW - Information Literacy KW - School Library TI - ANALISIS THE BIG SIX MODEL DALAM RANGKA IMPLEMENTASI INFORMATION LITERACY DI PERPUSTAKAAN AV - public ER -