relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9038/ title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA creator: LATIF AGUNG NUGROHO, NIM. 09680030 subject: Pendidikan Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping lebih efektif daripada menggunakan metode pembelajaran role playing saja. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran mind mapping. (4) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari dua variable, yaitu variable bebas berupa metode pembelajaran role playing disertai mind mapping, metode pembelajaran role playing, metode pembelajaran mind mapping dan variable terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan undian, diperoleh kelas XA, XB, XE sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik. Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji statistik analisis variansi (ANOVA), sedangkan tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan software Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen (masing-masing kelas) lebih efektif dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping menunjukkan hasil belajar lebih tinggi dibanding kelas eksperimen yang lain. Rasa senang dan percaya diri menjadi faktor yang menyebabkan meningkatnya hasil belajar siswa, berdasarkan angket tanggapan siswa. Angket tanggapan siswa secara keseluruhan adalah positif, bahwa siswa senang belajar dengan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping. Kata Kunci: role playing, mind mapping, hasil belajar, tanggapan. date: 2013-06-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9038/31/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9038/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: LATIF AGUNG NUGROHO, NIM. 09680030 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.