<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar\r\nsiswa dengan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping lebih efektif\r\ndaripada menggunakan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui\r\npeningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran role playing disertai\r\nmind mapping lebih efektif daripada menggunakan metode pembelajaran role\r\nplaying saja. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode\r\npembelajaran role playing disertai mind mapping lebih efektif daripada\r\nmenggunakan pembelajaran mind mapping. (4) untuk mengetahui tanggapan siswa\r\nterhadap penggunaan metode pembelajaran role playing disertai mind mapping. \r\n Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain\r\npenelitian control group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari dua\r\nvariable, yaitu variable bebas berupa metode pembelajaran role playing disertai mind\r\nmapping, metode pembelajaran role playing, metode pembelajaran mind mapping\r\ndan variable terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah\r\nsiswa kelas X MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan\r\nsampel menggunakan teknik random sampling dengan undian, diperoleh kelas XA,\r\nXB, XE sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Metode\r\npengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes, angket dan lembar observasi.\r\nTeknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik. Hasil belajar siswa\r\ndianalisis dengan uji statistik analisis variansi (ANOVA), sedangkan tanggapan\r\nsiswa menggunakan analisis deskriptif. Pengujian dilakukan dengan bantuan\r\nsoftware SPSS 16 dan software Excel. \r\n Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata hasil\r\nbelajar siswa (posttest) kelas eksperimen (masing-masing kelas) lebih efektif dari\r\nnilai rata-rata kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan metode\r\npembelajaran role playing disertai mind mapping menunjukkan hasil belajar lebih\r\ntinggi dibanding kelas eksperimen yang lain. Rasa senang dan percaya diri menjadi\r\nfaktor yang menyebabkan meningkatnya hasil belajar siswa, berdasarkan angket\r\ntanggapan siswa. Angket tanggapan siswa secara keseluruhan adalah positif, bahwa\r\nsiswa senang belajar dengan metode pembelajaran role playing disertai mind\r\nmapping. \r\n Kata Kunci: role playing, mind mapping, hasil belajar, tanggapan."^^ . "2013-06-04" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09680030"^^ . "LATIF AGUNG NUGROHO"^^ . "NIM. 09680030 LATIF AGUNG NUGROHO"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE\r\nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \r\nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN\r\nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9038 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE \nPLAYING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN \nHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN \nMUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .