<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy \r\n(SSP) Matematika SMP/MTs berbasis tahap berpkir van Hiele dan teori Bruner\r\nmateri pokok Kubus di kelas VIII semester II untuk yang layak digunakan dalam\r\nproses pembelajaran matematika. SSP yang dikembangkan meliputi petikan\r\nsilabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. \r\nPenelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and\r\nDevelopment) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari\r\nlima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.\r\nPengumpulan data menggunakan lembar penilaian SSP, tes, lembar observasi,\r\nskala respon guru, dan skala respon siswa. \r\nSSP Matematika berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner\r\ndikembangkan dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis)\r\nyang meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru,\r\nkemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari\r\npenyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, penentuan judul\r\nSSP, dan penyusunan instrumen penelitian pengembangan. Tahap berikutnya\r\nadalah pengembangan (development) yaitu penulisan SSP dan penyuntingan\r\nproduk awal SSP.\r\nPada tahap ini SSP diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan \r\nskor rata-rata 217 dari skor maksimal 250 dan persentase keidealan 86,80%. Pada\r\ntahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba empiris dengan menguji kan\r\nproduk SSP dalam proses pembelajaran di kelas VIII F MTs Negeri II Yogyakarta, \r\nmemberikan pretest-posttest, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap\r\nSSP. Tahap evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil\r\npretest-posttest dan skala respon untuk keperluan pengambilan keputusan.\r\nBerdasarkan hasil analisis pada tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP telah teruji\r\nefektif yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest 70,67 yang lebih besar dari nilai\r\nrata-rata pretest 37,18 dari skor maksimal 100 serta kinerja SSP mencapai krit eria\r\nbaik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,52%. Selain itu, SSP\r\nteruji praktis yang ditunjukkan dari respon guru dan siswa. Guru memberikan respon\r\nsangat positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata hasil skala respon\r\nguru sebesar 67,33 dari skor maksimal 80 dengan persentase 84,17%. Siswa\r\nmemperikan respon positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata 64,58\r\ndari skor maksimal 80 dengan persentase 80,73%.\r\n \r\nKata Kunci : Subject Specific Pedagogy (SSP), van Hiele, teori Bruner, kubus\r\n"^^ . "2013-07-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09600032"^^ . "APRI YANI WULANDARI"^^ . "NIM. 09600032 APRI YANI WULANDARI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \r\nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9040 \n\nPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) \nMATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR \nVAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .