@phdthesis{digilib9044, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN PRISMA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09600011 KANTI ARIFANNI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9044/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika pada materi bangun prisma berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII yang berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian dalam pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) ini adalah validator, guru matematika, dan peserta didik SMP Negeri 1 Bantarbolang Pemalang, sedangkan data yang diperoleh berupa lembar penilaian SSP berbasis tahap berpikir van Hiele dan Teori Bruner, lembar skala respon guru dan peserta didik, hasil skor pre-test dan post-test, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika pada materi bangun prisma berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII yang disusun terdiri dari petikan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kisi-kisi lembar penilaian, lembar penilaian, serta media pembelajaran. Penilaian SSP Matematika tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 90,74\%. SSP ini juga teruji efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (74,09) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (58,26) serta kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase peserta didik yang mencapai KKM sebesar 64,71\%. Respon guru terhadap SSP tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 81,35 dari skor maksimal ideal 88 dengan persentase keidealan respon 92,42\%. Serta respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan SSP mendapat skor positif sebesar 95,15\%. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori Bruner. } }