<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n"^^ . "Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media\r\npembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif yang berkualitas\r\nmenggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan pendekatan penemuan\r\nterbimbing siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. \r\nPenelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and\r\nDevelopment) dengan menggunakan model prosedural Alessi dan Trollip (2001)\r\nyang meliputi planning, design, dan development. Tahapan planning (perencanaan)\r\nini meliputi: penentuan ruang lingkup; pengidentifikasian karakteristik siswa; dan\r\npenetapan kendala serta penetapan dan pengumpulan sumber daya yang\r\ndilanjutkan dengan tahapan design (perancangan) yang mencakup pengembangan\r\nide untuk isi media yang diintegrasikan dengan pendekatan penemuan terbimbing,\r\nanalisis konsep media, dan pembuatan diagram alur. Tahapan terakhir yaitu\r\ndevelopment (pembuatan) yang meliputi perakitan bahan-bahan menggunakan\r\nsoftware Adobe Flash CS3 Professional, persiapan bahan dukungan, tes alfa,\r\nrevisi I, tes beta (mencakup small testing, revisi II, dan field trials), dan revisi\r\nakhir. Hasil revisi akhir (final product) ini kemudian dikemas dalam bentuk CD.\r\nAdapun pengumpulan datanya menggunakan pedoman wawancara, lembar\r\npenilaian media pembelajaran matematika, dan angket respon siswa terhadap\r\npendekatan penemuan terbimbing. \r\nKualitas media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif\r\nmenggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan pendekatan penemuan\r\nterbimbing siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan Teorema Pythagoras secara\r\nkeseluruhan berdasarkan akumulasi penilaian dari tiga aspek (aspek pendidikan,\r\naspek tampilan, dan aspek kualitas teknis) sesuai dengan hasil yang diperoleh\r\nadalah sangat baik, dengan skor rata-rata 159,3 dari skor maksimal 180 dan\r\npersentase skor rata-rata sebesar 88,5%. Selain itu, skor rata-rata hasil reaksi\r\nsiswa terhadap pendekatan penemuan terbimbing sebesar 53,96 dari skor\r\nmaksimal 64 atau sebesar 84,31% yang dapat disimpulkan bahwa hasil reaksi\r\nsiswa terhadap pendekatan penemuan terbimbing menunjukkan hasil reaksi yang\r\nsangat positif. Jadi, media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran\r\nmatematika. \r\n\r\nKata kunci: pengembangan media pembelajaran, Adobe Flash CS3 Professional,\r\nAlessi dan Trollip, pendekatan penemuan terbimbing, Teorema Pythagoras\r\n"^^ . "2013-05-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600055"^^ . "HERRY WIJAYANTO"^^ . "NIM. 08600055 HERRY WIJAYANTO"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \r\nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \r\nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \r\nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9048 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \nBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE \nFLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN \nTERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .