@phdthesis{digilib9058, month = {June}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09600019 NOVI ANGGRAINI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9058/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional; 2) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional; 2) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, TTW (Think-Talk-Write), Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep, Keaktifan} }