eprintid: 9058 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/90/58 datestamp: 2013-07-31 09:34:06 lastmod: 2016-01-26 06:24:40 status_changed: 2013-07-31 09:34:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOVI ANGGRAINI, NIM. 09600019 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional; 2) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional; 2) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, TTW (Think-Talk-Write), Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep, Keaktifan date: 2013-06-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NOVI ANGGRAINI, NIM. 09600019 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9058/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9058/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf