%A NIM. 07600046 DANI PUJI ASTUTI %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (2) kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (3) model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik, dan (4) kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik inferensial untuk data pre-test, post-test, angket awal, angket akhir, normal gain tes, dan normal gain angket serta analisis deskriptif untuk lembar observasi dan jurnal harian peserta didik. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan rata-rata normal gain tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, (2) kelompok kemampuan yang memiliki peningkatan pemahaman konsep paling baik dibandingkan kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi kelas eksperimen, (3) secara keseluruhan rata-rata normal gain angket motivasi belajar matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, dan (4) kelompok kemampuan yang memiliki peningkatan motivasi belajar paling baik dibandingkan kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi dan rendah kelas eksperimen. Kata kunci: Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9064