<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n"^^ . "Telah dilakukan penelitian pengaruh pembelajaran berbasis fenomena \r\nmelalui metode demonstrasi-eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis\r\nsiswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui apakah model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode\r\ndemonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa\r\nSekolah Dasar Negeri Jatigunung I. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen).\r\nPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Jatigunung\r\nI, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA dan IVB. Pengambilan sampel\r\ndengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan metode tes.\r\nMetode ini digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis\r\nsiswa. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample ttest\r\n(Uji-t).\r\nUji\r\nlanjut\r\nyang\r\ndigunakan\r\nsetelah\r\nuji t\r\nadalah\r\nuji\r\nTukey.\r\n\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis\r\nfenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap\r\nketerampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Hal ini\r\nterbukti dari hasil perhitungan menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan dengan \r\nmenggunakan uji-t sebesar: \r\n \r\nxvi\r\n \r\n=2,43 sedangkan untuk \r\n=2,036. Karena\r\n \r\n \r\n \r\n \r\n \r\n, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis\r\nfenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap \r\nketerampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I.\r\nBerdasarkan hasil uji lanjut Tukey didapat nilai \r\n= 3,43 sedangkan \r\n \r\n \r\n = 2,87. Karena \r\n \r\n \r\n \r\n \r\n, maka dapat disimpulkan bahwa model\r\npembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen lebih \r\nbaik dibandingkan model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode\r\neksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis. \r\n\r\n \r\nKata kunci : model pembelajaran berbasis fenomena, metode demonstrasi, metode\r\neksperimen, keterampilan berpikir kritis. \r\n\r\n \r\n\r\n\r\n"^^ . "2013-03-21" . . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI"^^ . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07690003"^^ . "FARIDA ARDIYANTI"^^ . "NIM. 07690003 FARIDA ARDIYANTI"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Text)"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI-\r\nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \r\nNEGERI JATIGUNUNG I \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9078 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS \nFENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI- \nEKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN \nBERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR \nNEGERI JATIGUNUNG I \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .