eprintid: 9084 rev_number: 34 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/90/84 datestamp: 2013-08-02 09:17:26 lastmod: 2016-03-04 03:26:55 status_changed: 2013-08-02 09:17:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RANI HALIMATUFIATUN FARIKAH, NIM. 09680022 title: PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif materi pokok Sistem Pernapasan, (2) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif materi pokok Sistem Pernapasan, (3) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor materi pokok Sistem Pernapasan, (4) tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pokok Sistem Pernapasan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan matching pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA MAN Wonokromo Bantul. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan uji t, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -2,544 (< -2,315) dengan p-value (sig.) 0,014, (2) tidak terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar afektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 218,500 dengan p-value sebesar 0,103 (>0,05), (3) tidak terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar psikomotor. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 264 dengan dengan p-value sebesar 0,466 (>0,05), (4) Mayoritas siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan strategi POE dengan kategori baik sekali sebanyak 84%. Kata kunci: Strategi POE, hasil belajar, tanggapan, sistem pernapasan date: 2013-06-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RANI HALIMATUFIATUN FARIKAH, NIM. 09680022 (2013) PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9084/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9084/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf