<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n"^^ . "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan \r\npendekatan Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write (TTW)\r\ndibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model\r\npembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa\r\nkelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Penelitian ini dibatasi pada pokok bahasan\r\naritmetika sosial. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) \r\nyang menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel\r\ndilakukan secara acak pada kelas VII SMPN 14 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013\r\ndengan subjek kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas\r\nkontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan instrument tes\r\nberupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji\r\nhomogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian dilanjutkan uji Mann-Withney U. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor gain hasil belajar siswa\r\nkelas kontrol sebesar 1,72 sedangkan rata-rata skor gain hasil belajar siswa kelas\r\neksperimen yaitu 4,14 lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor gain kelas kontrol,\r\nartinya pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based\r\nLearning dengan Model Think Talk Write (TTW) lebih meningkatkan hasil belajar\r\nmatematika siswa terutama kelas VII SMPN 14 Yogyakarta pada pokok bahasan\r\naritmetika sosial. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor gain hasil belajar\r\nyang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terhadap kelas yang\r\ndiberi perlakuan serta berdasarkan uji Mann-Withney U yang menunjukkan\r\nbahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan terhadap kelas eksperimen\r\nsehingga dapat dilihat bahwa rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen lebih\r\ntinggi dibandingkan rata-rata gain hasil belajar kelas kontrol. Hal ini\r\nmenunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih\r\nefektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa jika dibandingkan\r\ndengan pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas kontrol. \r\n\r\nKata kunci: Pendekatan Problem Based Learning, Model Think Talk Write (TTW), \r\ndan hasil belajar matematika\r\n\r\n"^^ . "2013-06-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600030"^^ . "SARTIKA WAHYUNINGSIH"^^ . "NIM. 08600030 SARTIKA WAHYUNINGSIH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED\r\nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \r\n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9106 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED \nLEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) \nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA \nSISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA \n(POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .