@phdthesis{digilib911, month = {June}, title = {PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NURJANAH - NIM. 03420303}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Nurhadi, M.A.}, keywords = {Mufrodat, membaca, bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/911/}, abstract = { ABSTRAK Pengajaran merupakan proses kegiatan timbal balik antara guru dan siswa dengan cara ertentu dan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain bahwa tujuan pengajaran bisa terlaksana dengan baik apabila ada interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pengajaran mufradat merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur dalam pengajaran bahasa Arab, karena mufradat mempunyai peranan yang sangat penting dalam tata bahasa Arab. Dengan menguasai mufradat, maka akan mempermudah seseorang dalam meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu: keterampilan menyimak/mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam skripsi ini, penulis meneliti tentang bagaimana penguasaan mufradat siswa dan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Serta bagaimana pengaruh penguasaan mufradat terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), untuk menjawab permasalah tersebut penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus korelasi momen tangkar dari Pearson untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan mufradat dan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Sedangkan rumus persamaan regresi linear satu prediktor untuk mengetahui tingkat penguasaan mufradat dengan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Hasil dari penelitian ini bahwa nilai rata-rata penguasaan mufradat siswa sebesar = 89,325 kemudian nilai rata-rata keterampilan membaca bahasa Arab sebesar = 83,25. dengan demikian dapat diketehui bahwa ada korelasi positif antara variabel X (penguasaan mufradat) dan variabel Y (keterampilan membaca bahasa Arab) yang mempunyai hubungan yang kuat yaitu dibuktikan dengan rxy sebesar = 0,840275473. Adapun nilai r dengan nilai N =40 pada taraf signifikansi 1\% ditemukan = 0,403 sedangkan pada taraf 5\% = 0, 312. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat penguasaan mufradat siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan/keterampilan membaca bahasa Arab siswa MTsN Ngemplak Sleman. } }