eprintid: 911 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/09/11 datestamp: 2012-05-06 03:37:47 lastmod: 2017-03-31 08:43:08 status_changed: 2012-05-04 16:40:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURJANAH - NIM. 03420303, title: PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Mufrodat, membaca, bahasa Arab note: Pembimbing : Nurhadi, M.A. abstract: ABSTRAK Pengajaran merupakan proses kegiatan timbal balik antara guru dan siswa dengan cara ertentu dan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain bahwa tujuan pengajaran bisa terlaksana dengan baik apabila ada interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pengajaran mufradat merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur dalam pengajaran bahasa Arab, karena mufradat mempunyai peranan yang sangat penting dalam tata bahasa Arab. Dengan menguasai mufradat, maka akan mempermudah seseorang dalam meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu: keterampilan menyimak/mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam skripsi ini, penulis meneliti tentang bagaimana penguasaan mufradat siswa dan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Serta bagaimana pengaruh penguasaan mufradat terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), untuk menjawab permasalah tersebut penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus korelasi momen tangkar dari Pearson untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan mufradat dan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman. Sedangkan rumus persamaan regresi linear satu prediktor untuk mengetahui tingkat penguasaan mufradat dengan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Hasil dari penelitian ini bahwa nilai rata-rata penguasaan mufradat siswa sebesar = 89,325 kemudian nilai rata-rata keterampilan membaca bahasa Arab sebesar = 83,25. dengan demikian dapat diketehui bahwa ada korelasi positif antara variabel X (penguasaan mufradat) dan variabel Y (keterampilan membaca bahasa Arab) yang mempunyai hubungan yang kuat yaitu dibuktikan dengan rxy sebesar = 0,840275473. Adapun nilai r dengan nilai N =40 pada taraf signifikansi 1% ditemukan = 0,403 sedangkan pada taraf 5% = 0, 312. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat penguasaan mufradat siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan/keterampilan membaca bahasa Arab siswa MTsN Ngemplak Sleman. date: 2008-06-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-06-20 10:54:59 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurjanahni-266-1-nurjanah-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/6/digilib-uinsuka--nurjanahni-266-1-nurjanah-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=359 ; nama file lama : NURJANAH 03420303 PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2987148 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURJANAH - NIM. 03420303, (2008) PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/911/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/911/2/BAB%20II%2C%20III.pdf