%A NIM. 09420187 AMALIA FAJRIAH MUDLI’ %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL “TA’LIMU AL- LUGHOH AL‘ARABIYAH “ DI KELAS X MAN 2 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2012/2013 %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah problem mendasar yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran sebagai akibat dari minimnya penguasaan guru dalam penggunaan berbagai strategi, metode pembelajaran, bahan ajar, dan sumber belajar mutakhir. Dalam proses belajar mengajar, buku ajar adalah salah satu sumber pembelajaran bagi peserta didik yang merupakan alat pendidikan fungsional, dimana dengan membaca buku, anak secara langsung maupun tidak langsung dapat memperoleh nilai-nilai positif bagi pembentukan dirinya. Oleh karenanya penggunaan modul dalam pembelajaran adalah salah satu upaya guru dalam mensifati problem mendasar yang kini telah dihadapi dunia pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Wates Kulonprogo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan teknik Induktif. Metode penelitian ialah metode kualitatif Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab dengan modul “Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah“ MGMP bahasa Arab MA DIY bagi peserta didik kelas X MAN 2 wates Kulonprogo telah diupayakan berjalan secara optimal. Dimana seorang guru Bahasa Arab membuat perencanaan pembelajaran secara maksimal dengan didukung strategi dan metode serta media yang bervariasi, inovatif, menyenangkan dan menantang. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media modul “Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah “ adalah : Dukungan sekolah dengan menjadikan modul Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah sebagai salah satu bahan ajar pelajaran Bahasa Arab, tersedianya modul Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah pada siswa, bimbingan guru Bahasa Arab yang menjadi tempat peserta didik untuk bertanya, cara belajar peserta didik, dan kemampuan berprestasi peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah : Kurangnya minat peserta didik, tingkat kemampuan pemahaman peserta didik yang beragam, kedisiplinan peserta didik, fasilitas yang disediakan dalam kelas, dan kesempatan belajar serta terbatasnya waktu pembelajaran %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9112