<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n"^^ . "Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala\r\nsekolah dalam memeberikan dorongan dan arahan melalui motivasi dan supervisi.\r\npenulis melakukan penelitian di SDIT Bina Anan Islam Krapyak Panggungharjo\r\nSewon Bantul Yogyakarta karena ada kinerja guru yang meningkat dari tahun ke\r\ntahun dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah siswa. Tujuan penelitian ini\r\nadalah: untuk mengetahui (1) peran kepala sekolah sebagai motivator dan\r\nsupervisor dalam meningkatkan kinerja guru (2) faktor-faktor pendukung dan\r\npenghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Dalam\r\npenelitian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nkualitatif. Dengan metode observasi, wawancara atau interview dan dekomentrasi.\r\nDengan subyek penelitian kepala sekolah dan 4 orang guru dari 7 guru yang ada. \r\nHasil penelitian ini adalah (1) kepala sekolah sebagai motivator dan\r\nsupervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Peran motivator (a) selalu memberi\r\nmasukan-masukan dalam kinerja guru yang kurang baik (b) menerapkan kondisi\r\nsituai dan iklim kerja yang kondusif (c) mengingatkan bekerja sesuai koridor visi\r\ndan misi sekolah (d) mengedepankan masalah kedisiplinan (e) musyawarah\r\nmufakat dalam setiap mengambil keputusan (f) bekerja sebagai keluarga bersama\r\natau bekerja secara tim. Peran mensupervisi meliputi (a) membantu para guru\r\ndalam menggunakan metode mengajar, (b) membantu para guru dalam mengatasi\r\npermasalahan yang dihadapi, (c) memberikan pelayanan kepada guru agar dapat\r\nmenggunakan kemampuannya semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas dari\r\nsekolah. Teknik yang digunakan menggunakan dua teknik yaitu teknik individu\r\ndan kelompok, teknik individu meliputi; kunjungan kelas dan percakapan individu.\r\nSedangkan teknik kelompok meliputi; rapat guru, orientasi pertemuan guru-guru,\r\nlokakarya, pelatihan-pelatihan untuk guru, melengkapi sarana dan prasarana yang\r\ndibutuhkan guru, dan menerapkan tata tertib sekolah. (2) faktor-faktor pendukung\r\ndan penghambat kepala sekolah sebagai motivator dan supervisor dalam\r\nmeningkatkan kinerja guru meliputi; faktor pendukung (a) bekerja secara tim\r\nmempermudah kepala sekolah dalam memotivasi dan mensupervisor guru karena\r\ntidak akan canggung-canggung lagi apabila akan menegur atau memberi arahan (b)\r\njumlah guru yang masih sedikit mempermudah dalam melaksanakan peran kepala\r\nsekolah. Faktor penghambat meliputi; (a) kesibukan masing-masing guru dan\r\nkepala sekolah (b) pendidikan guru yang berbeda juga mengganggu proses\r\nmensupervisi.\r\nKata kunci: Kepala sekolah, motivasi dan supervisor, kinerja guru.\r\n"^^ . "2013-05-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09480109"^^ . "EMHA DZIA’UL HAQ"^^ . "NIM. 09480109 EMHA DZIA’UL HAQ"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Text)"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN\r\nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \r\nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9115 \n\nPERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN \nSUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA \nANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .