%A NIM. 08410145 FAJAR GANDHI SUBARKAH %T PENGARUH LIGA HUFFADZ PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %X Latar Belakang Penelitian ini adalah ketika proses pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah tidak dilaksanakan sesuai dengan panduan yang ada maka hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran itu tidak tercapai secara maksimal. Dalam situasi tersebut, Kepala Urusan Pembelajaran Ma’had selaku penanggung jawab dalam program pembelajaran santri maka dituntut memanfaatkan perannya untuk memotivasi belajar siswa agar proses belajar-mengajar berjalan dengan baik. Sehingga dapat menciptakan siswa yang hafal Al-Qur’an sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pembelajaran tahfidz, pengaruh liga huffadz pada pembelajaran tahfidz serta faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Mu’allimun Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, sehingga dapat disimpulkan bagaimana implementasi liga huffadz dan apakah terdapat pengaruhnya pada pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan Liga Huffadz pada pembelajaran Tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta 2) Pengaruh Liga Huffadz Pada Pembelajaran Tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta meliputi: a. faktor pendukung: pembelajaran yang sistematis yang dapat memantau perkembangan siswa dalam menghafal secara detail setiap pecan, program pembelajaran berkesinambungan, motivasi hafalan siswa, koordinasi musyrif dalam pelaksanaan hafalan, apresiasi madrasah terhadap prestasi hafalan siswa, b. faktor penghambat: pengaruh eksternal (game online), waktu luang yang tidak dugunakan secara maksimal, kurangnya kerjasama para penanggung jawab. daya kemampuan siswa dalam menghafal yang berbeda-beda. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9119