%0 Thesis %9 Skripsi %A FERLI UMMUL MUFLIHAH, NIM. 09470164 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9124 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTsN SLEMAN KAB SLEMAN DI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9124/ %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwas setiap sekolah memiliki sarana prasarana, baik itu memadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. pengelolaan ini dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskrifsikan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian MTsN Sleman Maguwoharjo Kab Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut di narasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana serta usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian tersebut bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTsN Sleman sudah sesuai dengan teknik pengelolaannya, yang meliputi perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. 1) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran yaitu, guru bertambah rajin, siswa lebih disiplin, situasi kelas mendukung dan evaluasi meningkat. 2) sarana dan prasarana di MTsN Sleman yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran adalah; ruang belajar, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang bimbingan dan konseling, serta mushola. Pada dasarnya semua sarana dan prasarana yang ada di madrasah memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran, namun kelengkapannya yang belum memenuhi standar sarana dan prasarana yang menentukan pengaruh tersebut. Diantara usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran, kelengkapan sarana dan prasaranalah yang menunjang usaha tersebut. Kelengkapan sarana dan prasarana mampu menjadikan guru lebih rajin, siswa lebih disiplin, lingkungan sekitar yang mendukung dan evaluasi akan lebih meningkat. Kata kunci : Manajemen sarana prasarana dan Pembelajaran