%0 Thesis %9 Skripsi %A ARIF BUDI SETIAWAN, NIM. 09470026 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9140 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF ( STUDI KASUS DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9140/ %X Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan penulis akan pendidikan masa kini kurang mengedepankan kebutuhan anak yang sesungguhnya. Anak selaku peserta didik justru diberikan pendidikan secara paksaan, membosankan, dan bahkan membingungkan. Anak justru banyak dituntut untuk mengikuti kurikulum yang begitu banyak yang padahal bukan kebutuhan mereka. Untuk itu perlu adanya trobosan-trobosan bagaimana mengembalikan pendidikan lebih ramah dan memenuhi kebutuhan anak yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang konsep homeschooling dan proses pembelajaran Homeschooling Primagama Y ogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana konsep homeschooling secara umum dan bagaimana proses pembelajaran di Homeschooling Primagama Yogyakarta serta apakah homeschooling dapat dijadikan altematif pendidikan bagi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Homeschooling Primagama Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Konsep homeschooling secara umum adalah pendidikan yang berusaha mengembalikan kepada jiwa anak, yaitu belajar menyenangkan dan tidak menekan siswa. Secara garis besar homeschooling bersifat fleksible. Sementara itu proses pembelajaran Homeschooling Primagama Y ogyakarta seperti halnya konsep homeschooling pada umumnya, yaitu fleksible. Proses pembelajaran Homeschooling Primagama Yogyakarta adalah pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subjek pembelajaran. Dengan sistem yangfleksible guru/pendamping bebas menentukan bagaimana cara berlangsungnya proses pembelajaran, dengan mempertimbangkan siswa yang diajar. Terpenting adalah bagaimana menjadikan proses belajar yang menyenangkan dan mengedepankan minat dan kebutuhan anak. Kata kunci: Homeschooling, Pendidikan Altematif