<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA)"^^ . "AYU FAIZA ALGIFAHMY. Peran Guru Dalam Mengembangkan Life \r\nSkills dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (Kajian Novel\r\nIndonesia Mengajar Karya Pengajar Muda). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\n2013. Latar belakang penelitian ini tentang pendidikan yang belum merata di\r\nIndonesia. Problem pendidikan tersebut perlu diatasi dengan peningkatan kualitas\r\nprogram pendidikan yang lebih tepat guna dan efektif dalam mempersiapkan\r\nlulusan sebagai generasi yang berkepribadian tangguh, memiliki kemandirian,\r\nkeberanian dan kemampuan mencari alternative dan memecahkan permasalahan\r\nhidup secara bertanggung jawab. Peningkatan kualitas program pendidikan ini\r\nharus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup pengembangan dimensi\r\nmanusia Indonesia seutuhnya baik jasmani maupun rohani, dengan\r\nmengembangkan aspek-aspek spiritual, moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan,\r\nketerampilan, seni, olahraga dan perilaku. \r\n Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).\r\nPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk\r\nmenganalisis data adalah metode analisis isi. Semiotik secara metodologis\r\nmembedakan tingkat formasi dan prosedur deduktif (deduktif menjelaskan makna\r\nsebait teks) dan induktif (menjelaskan konteks pada sebuah teks). Komunikasi\r\natau proses semiotik menunjukkan hubungan antara tanda (sign) dan pertanda\r\n(signified) melalui makna. Teks dalam semiotik terdiri atas dua komponen, yaitu\r\nstruktur lahir dan struktur batin. \r\n Hasil penelitian ini menemukan Peran Guru dalam mengembangkan Life\r\nSkills dalam novel Indonesia Mengajar Karya Pengajar Muda antara lain: Peran\r\nguru sebagai korektor, inspiratory, informator, organisator, Motivator, inisiator,\r\nfasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor,\r\nevaluator. Muatan life skills yang terkandung dalam novel Indonesia mengajar\r\nkarya pengajar muda ada dua macam, yang pertama kecapakan personal\r\n(personal skills) berupa kesadaran spiritual yaitu kesadaran dalam meyakini Allah\r\npencipta dirinya dan alam lingkungannya, kesadaran akan potensi berupa\r\nkesadaran untuk bertindak tepat dan proporsional, dan kecakapan berpikir berupa\r\nkecakapan untuk mendapatkan informasi, serta memecahkan masalah dengan cara\r\nyang bijaksana dan kreatif. Kedua adalah kecakapan sosial (social skills) berupa\r\nkecakapan komunikasi, yaitu kecakapan mendengarkan, menuliskan ide atau\r\nopini, dan kecakapan mengkolaborasi yaitu kecakapan bekerjasama serta\r\nkecakapan sebagai pemimpin dengan empati. Relevansi peran guru dalam\r\nmegembangkan life skills pada novel Indonesia Mengajar karya Pengajar Muda\r\nterhadap pendidikan agama Islam yaitu: mua’lim, murabby, mursyid, muddaris,\r\nmu’addib, dan ustadz. Serta dalam muatan life skills dengan pendidikan agama \r\nIslam terdapat kandungan berupa: kesadaran spiritual (beriman kepada Allah,\r\nbertakwa kepada Allah, dan berbuat baik), kesadaran akan potensi (percaya diri,\r\nridho), kecakapan berpikir (sabar), kecakapan komunikasi (bersungguh-sungguh,\r\nberjihad), dan kecakapan mengkolaborasi (tolong menolong, amanah, adil, dan\r\nrasa persaudaraan sesama muslim)."^^ . "2013-06-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09410035"^^ . "AYU FAIZA ALGIFAHMY"^^ . "NIM. 09410035 AYU FAIZA ALGIFAHMY"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Text)"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9144 \n\nPERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN \nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \n(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .