eprintid: 915 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/09/15 datestamp: 2012-05-06 03:25:05 lastmod: 2017-03-31 08:24:55 status_changed: 2012-05-04 16:40:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR HAYATI - NIM. 03420287, title: EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Cooperative learning, jigsaw, qiro'ah note: Pembimbing : Nurhadi M.A. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qira'ah kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw) pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 170 siswa yang terdiri dari lima kelas. Dan pengambilan sampelnya dengan menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Untuk sampel yang diambil berjumlah dua kelas, yaitu kelas X 2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X 4 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi qira'ah siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 62,5000, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 54,5455. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar materi qira'ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 15,3409, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 6,8182. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode Cooperatrive Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran qira'ah dengan kelas yang tidak menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga metode Coopertive Learing teknik Jigsaw dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran qira'ah. date: 2008-06-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-06-20 11:27:42 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurhayatin-272-1-nurhaya-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/6/digilib-uinsuka--nurhayatin-272-1-nurhaya-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=366 ; nama file lama : NUR HAYATI 03420287 EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA?AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1666451 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR HAYATI - NIM. 03420287, (2008) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/915/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/915/2/BAB%20II%2C%20III.pdf