eprintid: 9155 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/55 datestamp: 2013-08-28 01:40:22 lastmod: 2013-08-28 01:40:22 status_changed: 2013-08-28 01:40:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ZAHRUL FIKRI, NIM. 09410077 title: NASIHAT-NASIHAT AL-QUR’AN BAGI ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MARAGHI PADA Q.S. AN-NISA’ AYAT 36-39) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: MUHAMMAD ZAHRUL FIKRI. Nasihat-Nasihat Al-Qur’an bagi Anak dan Relevansinya terhadap Metode Pendidikan Islam (Studi Tafsir Al-Maraghi pada Q.S. AnNisa’ Ayat 36-39). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Secara umum, penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai bentuk kecenderungan anak yang mengarah pada suatu kondisi yang melahirkan dekadensi akhlak akibat kurangnya pemahaman mereka akan pedoman dan nasihat Al-Qur’an, khususnya yang berkaitan dengan kewajiban-kewajiban dalam berbuat ihsan baik dalam dimensi vertikal kepada Allah maupun horisontal kepada sesama manusia. Padahal usia mereka merupakan usia emas, di mana pada masa-masa itu pendidik memegang peranan sekaligus sebagai agen yang amat strategis dalam pembentukan moral dan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan moral keagamaan yang ada dalam ayat Al-Qur’an yaitu berbagai nasihat penting bagi anak pada khususnya dan umat manusia pada umumnya. Selanjutnya, penyusun juga berusaha untuk menemukan relevansinya terhadap metode pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis kepustakaan murni (Library Research), dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis. Sedangkan dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analisys), dengan metode deduksi sebagai teknik berpikirnya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat dua garis besar pokok nasihat dalam Q.S. An-Nisa’ ayat 36-39 yang harus ditumbuhkembangkan pada diri anak sedini mungkin agar dapat menjadi pedoman perilakunya sehari-hari. Di antaranya yang pertama adalah nasihat terhadap Allah, yakni perintah untuk beribadah kepada-Nya dengan cara penghambaan diri secara murni, serta tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Adapun yang kedua adalah nasihat terhadap sesama manusia, yakni perintah untuk selalu berbakti dan memuliakan kedua orang tua, disusul perintah untuk berbuat ihsan terhadap kaum kerabat, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, tetangga dekat maupun jauh, teman sejawat, ibnu sabil, serta terhadap hamba sahaya (budak). Selanjutnya, perintah untuk menjauhkan diri dari sifat sombong dan membanggakan diri, sifat kikir dan riya’ yang merupakan sifat-sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Kemudian yang terakhir adalah perintah agar anak dapat memilih teman dekat yang shalih. 2) Adapun secara analitis, pengkajian nasihat-nasihat tersebut relevan dengan aspek-aspek dalam metode pendidikan Islam, seperti: hakikat, tujuan dan tugas, pendekatan, serta terhadap bentuk atau macam metode pendidikan Islam. Konsekuensi dari adanya persesuaian tersebut tentu dimaksudkan agar tertuju pada diri anak, yang mana dengan memahami konsep metode pendidikan Islam, maka akan menjadikan nilai plus sendiri bagi pendidik agar lebih mudah dalam upaya penginternalisasian nilai-nilai Islam, serta pembentukan sikap dan karakter anak didik yang shalih, berakhlak mulia, dan berwawasan qur’ani. date: 2013-07-01 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: MUHAMMAD ZAHRUL FIKRI, NIM. 09410077 (2013) NASIHAT-NASIHAT AL-QUR’AN BAGI ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MARAGHI PADA Q.S. AN-NISA’ AYAT 36-39). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9155/22/small.jpg