%A NIM. 09481018 MUHAMMAD FADLAN %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) %X Pada siswa kls III MIN Kebonagung mereka menganggap belajar di kelas adalah hal yang kurang menyenangkan, guru menyampaikan materi berdasarkan buku teks yang telah ditentukan,siswa mengerjakan tugas hanya untuk mendapatkan nilai Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta.Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik,. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajarn yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara individu dengan dibantu guru sejawat, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas III MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui model Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT), dapat meningkatan hasil belajar siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase pada pra tindakan sebesar 48%, siklus I sebesar 88.5% dan pada siklus II sebesar 95%. Peningkatan nilai rata-rata hasil evaluasi pada pra tindakan sebesar 74, siklus I sebesar 88,5 sedangkan pada siklus II sebesar 91. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar. Kata kunci: peningkatan, NHT, kelas III MIN Kebonagung %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9160