eprintid: 9164 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/64 datestamp: 2013-08-28 06:58:17 lastmod: 2016-05-27 07:34:58 status_changed: 2013-08-28 06:58:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. BUDI SULAIMAN, NIM. 08470012 title: STRATEGI PENDIDIKAN KADER USTADZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted abstract: Latar belakang penelitian ini adalah sistem Pendidikan di pesantren tidak dapat berjalan tanpa adanya pendidik/ustadz yang dipersiapkan dengan baik terlebih lagi tidak semua ustadz menetap dan mengajar di pesantren untuk jangka waktu yang lama ataupun seumur hidup. Oleh karena itu pengkaderan ustadz merupakan hal yang sangat urgen demi mempersiapkan kader ustadz agar regenerasi ustadz berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari Pengasuh, Dewan Asatidz, santriwan-santriwati tentang sejarah berdiri dan berkembangnya pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo hingga saat ini dan berbagai hal yang berkaitan dengan strategi pendidikan kader ustadz. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Strategi Pendidikan Kader Ustadz Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah (PPLQ) dengan tinjauan manajemen program dilaksanakan dengan baik, adapun strateginya yaitu: Seleksi, Asistensi bergilir, Pemantauan, Pengabdian, Evaluasi dan Penetapan 2) Dalam penyelenggaraan pendidikan Kader Ustadz di PPLQ terdapat beberapa fakor pendukung dan upaya memaksimalkannya, yaitu seluruh elemen pendidikan kader baik pengkader, kader Ustadz, dan panitia (Pengurus PPLQ, MPO dan LPM) memiliki kwalitas sumber daya manusia yang baik dan terpelajar sehingga memungkinkan untuk mengembangkan Kemampuan kader secara maksimal dengan berbagai kebijakan yang telah diberlakukan. Dalam penyelenggaraan Pendidikan Kader Ustadz di PPLQ terdapat beberapa fakor penghambat dan upaya mengatasinya, diantaranya yaitu konsentrasi Kader Ustadz kurang terfokus dikarenakan memiliki tanggung jawab di luar pesantren yakni sebagai pelajar/mahasiswa. Seluruh elemen pengkader telah menetapkan berbagai langkah untuk mengatasinya baik dengan koordinasi, bimbingan, dan lain-lain. Kata kunci: Strategi Pendidikan, Kader Ustadz, Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah date: 2013-07-01 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: M. BUDI SULAIMAN, NIM. 08470012 (2013) STRATEGI PENDIDIKAN KADER USTADZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/31/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9164/21/small.jpg