%0 Thesis %9 Skripsi %A MIDI HS, NIM. 09420011 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9165 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T ANALISIS KESALAHAN TERHADAP KEMAHIRAN MAHARAH AL-QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs NEGERI NGLIPAR GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9165/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada maharah al-qira’ah, kemampuan siswa membaca teks Arab, kesalahan-kesalahan siswa ketika membaca teks Arab, model-model kesalahan membaca teks Arab, letak-letak rawan kesalahan membaca teks Arab, dan hal-hal yang perlu diperhatikan guna meminimalisir kesalahan-kesalahan membaca teks Arab tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Maka data yang didapat melalui pengamatan yang dilakukan dilokasi penelitian. Penelitan ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu: obserbasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa Arab pada Maharah Al qira’ah di kelas VIII MTsN Nglipar Gunungkidul Yogyakarta yaitu Guru membaca teks Arab dan guru menyuruh seluruh siswa untuk menirukan apa yang dibacanya. Guru menyuruh siswa satu persatu untuk membaca bacaan teks Arab yang telah dibaca oleh guru tadi. Guru menanyakan arti teks Arab kepada siswa. Guru menjelaskan arti / terjemahan teks Arab yang dibaca tadi. Guru menyuruh siswa membaca teks Arab beserta artinya dan menyuruh siswa mengulanginya beberapa kali sampai siswa lancar membaca dan memahami makna teks Arab tersebut. Guru menjelaskan qawa’id teks Arab. Guru menanyakan seputar qawa’id yang telah dijelaskan kepada siswa. Hingga memahami tentang qawa’id teks Arab yang dipelajari. Dan pada tahap akhir siswa menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru. (2) Tingkat kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTsN Nglipar Gunungkidul Yogyakarta masih sangat rendah sekali. Masih banyak terdapat kesalahan ketika membaca teks Arab. Bahkan hampir seluruh siswa mempunyai kesalahan disetiap bidang kesalahan membaca teks Arab. Misalnya seperti kesalahan membaca teks Arab pada bidang fonologi, semantik, morfologi, dan sintaksis. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan-kesalahan membaca teks Arab tersebut, dari pihak sekolah yaitu, Menambah jam ekstrakurikuler untuk pelajaran bahasa Arab. Memberikan bimbingan secara intensif kepada siswa. Memberikan buku bahasa Arab sebagai pegangan siswa. Mengadakan fasilitas pendukung seperti buku-buku berbahasa Arab dan kamus bahasa Arab. Menambah intensitas komunikasi menggunakan bahasa Arab kepada siswa sebagai salah satu upaya memperkaya kosakata memberikan poster-poster berbahasa Arab di kelas-kelas, meletakkan kosakata-kosata dalam bentuk tulisan pada tempat-tempat tertentu, dan meningkatkan pola belajar anak.