eprintid: 9167 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/67 datestamp: 2013-08-30 02:42:59 lastmod: 2017-04-26 07:39:00 status_changed: 2013-08-30 02:42:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHAZINATUL HUSNA, NIM. 08420080 title: ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB ) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi pokok pada Buku Al Mutala’ah Al Hadisah karya K.H Mahmud Yunus dengan metodologi penulisan buku teks bahasa Arab . Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa arab umumnya juga kepada seluruh guru yang memakai buku Al Mutala’ah Al Hadisah sebagai buku pedoman ajar. Banyak sekali yang bias dibahas mengenai metodologi penulisan buku teks bahasa Arab. Namun fokus penelitian ini adalah metodologi penulisan buku teks bahasa arab pada materi pokok pada buku tersebut, yang mana materi pokok pada buku teks bahasa Arab adalah Bacaan – bacaan (Al Mutala’ah ), kaidah - kaidah bahasa Arab (Qawaidu al lughah al ‘arabiyyah), latihan (Al Tamrinaat), tahapan – tahapan penyajian bahan pelajaran dan adanya kamus singkat . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penilaian literature atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan ( library research) dengan menggunakan metode telaah dokumen untuk pengumpulan bahan, sedangkan analisis datanya berupa content analisis . teknik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara materi pokok buku teks dengan metodologi penulisan buku teks bahasa arab yang ada pada objek saasaran yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bacaan – bacaan pada buku ini harus lebih variatif, perlu diperbaiki dari sisi pengurutan nomor dan judul pada setiap pelajaran, kemudian dibahas pula kaidah-kaidah bahasa Arab yang secara materi sudah baik namun masih perlu diperbaiki pada hal pengurutan materi, sedangkan latihan (Al Tamrinaat) memiliki tahapan tahapan di setiap jilidnya, untuk jilid 1 tidak terdapat soal latihan, untuk jilid 2 disajikan soal latihan namun disertakan pula jawabannya dan untuk jilid 3 terdapat soal latihan, dan seanjutnya adalah tahapan – tahapan penyajian bahan pelajaran, yang mana masih perlu banyak diperbaiki karena masih banyak loncatan – loncatan materi. Kemudian yang terakhir pada materi pokok , yaitu adanya kamus singkat yang pada buku ini hanya terdapat di buku jilid 3 . date: 2013-05-21 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KHAZINATUL HUSNA, NIM. 08420080 (2013) ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9167/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9167/2/BAB%20II%2C%20III.pdf