%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD FAIDLUNNIAM, NIM. 08470147 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9174 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM PONDOK MODERN DAARUSSALAM GONTOR PONOROGO DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN NASIONAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9174/ %X Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kekhawatiran akan eksistensi pendidikan Islam, yang dinilai masih di bawah pendidikan umum dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, perlu diadakan pembaharuan dalam pendidikan Islam, baik dari sistem, kelembagaan dan lain-lain. Hal tersebut perlu dikaji dan diteliti dengan memanfaatkan beberapa media, salah satunya novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pembaharuan pendidikan Islam yang diterapkan Pondok Modern Daarussalam Gontor Ponorogo Jawa timur. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Pembaharuan Pendidikan Islam yang dikembangkan Pondok Modern Daarussalam Gontor Ponorogo dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, dan relevansinya terhadap Pendidikan Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dengan fokus kajian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Pembaharuan Pendidikan Islam yang dikembangkan Pondok Modern Daarussalam Gontor Ponorogo yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, dan relevansinya terhadap Pendidikan Nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembaharuan Pendidikan Islam yang dikembangkan di Pondok Modern Daarussalam Gontor Ponorogo di dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, terdiri dari 7 aspek, yaitu: Aspek Tujuan, Aspek Kurikulum, Aspek Metode, Aspek Pendidik, Aspek Peserta didik, Aspek Sarana dan Aspek Evaluasi. (2) Ada relevansi antara pembaharuan pendidikan Islam yang dikembangkan Pondok Modern Daarussalam Gontor Ponorogo dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi terhadap Pendidikan Nasional yang terdapat pada tiga aspek yaitu: Aspek Tujuan, Konsep dan Implementasi Pendidikannya.