%0 Thesis %9 Skripsi %A MUJIYATI, NIM. 09481040 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9176 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEMESTER II MIN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9176/ %X Skripsi Mujiyati, Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Semester II MIN Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013 Kompetensi menulis karangan sederhana, MIN Karangmojo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah, nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang memuaskan karena metode yang digunakan guru belum tepat. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengungkapkan efektifitas penerapan metode picure and picture dalam menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas III Semester II MIN Karangmojo, Gunungkidul Tahun 2012/2013, (2) Meningkatkan kompetensi menulis karangan sederhana mata pemlajaran Bahasa Indonesia antara lain dengan menggunakan metode picture and picture dikelas III, MIN karangmojo, Gunungkidul Tahun 2012/2013 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau CAR (Classroom Action research) berdasarkan metode picture and picture yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MIN Krangmojo Gunungkidul, data diperoleh melalui observasi langsung selama proses pembelajaran di kelas, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya metode picture and picture kemampuan menulis karangan sederhana menjadi meningkat, siswa menjadi lebih aktif dalam menulis. Nilai-nilai siswa menjadi meningkat terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan dengan pencapaian kemampuan menulis karangan sederhana 59,22 paska tindakan siklus I dengan nilai rata-rata dengan pencapaian kemampuan menulis karangan sederhana 65,60 dan pasca tindakan siklus II dengan nilai rata-rata dengan pencapaian kemampuan menulis karangan sederhana 82,00. Kata Kunci : Metode Picture and Picture, Kompetensi Menulis