%0 Thesis %9 Skripsi %A RATNA UTAMI SARI, NIM. 09480097 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9181 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENERAPAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH UNGGUL DI SDIT ASSALAMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9181/ %X Ratna Utami Sari, “Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Menciptakan Sekolah Unggul di SDIT Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Kecerdasan Majemuk jika ditarik dalam ranah pendidikan, maka paradigma pendidikan banyak mengalami koreksi. Hampir mayoritas pendidikan di sekolah sekarang ini cenderung tidak menghargai seluruh potensi para peserta didik. Kecerdasan Majemuk yang menitikberatkan pada keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Lebih jauh lagi, percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan. Apabila kelebihan tersebut dapat terdeteksi sejak awal, otomatis kelebihan itu adalah potensi kepandaian sang anak. Atas dasar itu, seharusnya sekolah menerima peserta didik barunya dalam kondisi apapun. Sekolah yang telah menggunakan pendekatan berbasis kecerdasan majemuk di dalamnya salah satunya yaitu SDIT Assalamah Ungaran. Berdasarkan realita tersebut, peneliti merumusan beberapa rumusan masalah (1) Bagaimana penerapan kecerdasan majemuk di SDIT Assalamah Ungaran (2) Bagaimana evaluasi dalam penerapan kecerdasan majemuk di SDIT Assalamah Ungaran. Rumusan masalah tersebut bertujuan untuk mengetahui penerapan dan evaluasi kecerdasan majemuk di SDIT Assalamah Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat, dan sistematis mengenai kecerdasan majemuk di SDIT Assalamah Ungaran. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan kecerdasan majemuk di SDIT Assalamah Ungaran dapat dilihat dari tiga tahap penting yaitu input, proses, dan output. (a) Input. Dalam penerimaan peserta didik baru sekolah ini menggunakan sistem kuota artinya sekolah ini akan menutup pendaftaran apabila kuota terpenuhi. Kemudian peserta didik yang diterima akan mengikuti proses Multiple Intelligences Research (MIR). MIR adalah semacam alat riset psikologis yang mengeluarkan diskripsi kecenderungan kecerdasan majemuk anak dan gaya belajarnnya. (b) Proses. Tahapan ini adalah tahapan pada proses pembelajaran. Hampir seluruh proses pembelajarannya difokuskan pada kondisi peserta didik beraktifitas. (c) Output. Tahapan ini adalah penilaian autentik. yakni penilaian yang dilakukan terhadap keseluruhan kompetensi yang telah dipelajari peserta didik dan dalam penilaian ini peserta didik dinilai dari tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. (2) Secara teknis pelaksanaan evaluasi di SDIT Assalamah terbagi menjadi tiga tahap yaitu: konsultasi lesson plan (rencana pembelajaran), observasi kelas dan feed back (umpan balik).