eprintid: 9184 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/84 datestamp: 2013-09-02 02:52:35 lastmod: 2017-01-31 04:06:24 status_changed: 2013-09-02 02:52:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUTINAH, NIM. 09481028 title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA SISWA KELAS IVB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: SUTINAH, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada operasi penjumlahan Pecahan Melalui PendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IVB MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IVB MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik,. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas IVB MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase Pra tindakan sebesar 41,18%, siklus I sebesar 70,59% dan pada siklus II sebesar 94,12%. Nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 74,00 siklus I sebesar 75,91, sedangkan pada siklus II 81,44 terjadi peningkatan sebesar 5,53. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Operasi Penjumlahan Pecahan date: 2013-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUTINAH, NIM. 09481028 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA SISWA KELAS IVB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9184/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9184/1/BAB%20II%2C%20III.pdf