eprintid: 9185 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/85 datestamp: 2013-09-02 03:33:19 lastmod: 2013-09-02 03:33:19 status_changed: 2013-09-02 03:33:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PIRMAN JOYO, NIM. 09470002 title: PEMIKIRAN PENDIDIKAN KRITIS PROF. H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted abstract: PIRMAN JOYO. Pemikiran Pendidikan Kritis Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc.ED Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa problema pendidikan nasioanal belum mampu melahirkan generasi yang kritis, berakhlak mulia dan mandiri, serta masih banyaknya pendidik yang menempatkan diri sebagai atasan dan murid bawahannya, bukan menempatkan murid sebagai subjek yang mempunyai memiliki potensi. Tujuan penelitian ini adalah: untuk memahami pemikiran pendidikan kritis Prof. H.A.R. Tilaar dan juga menganalisis relevansinya terhadap pendidikan Islam. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana pemikiran pendidikan kritis Prof. H.A.R. Tilaar dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library reseach ) . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode diskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: pertama kajian pendidikan kritis menurut Prof. Tilaar adalah sebagai proses pembebasan. Kebebasan manusia adalah kebebasan bertanggungjawab terhadap diri sendiri, namun bukan egoistik yang mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Tujuan pendidikan kritis Prof. Tilaar adalah pembebasan dari diri, masyarakat, bangsa akibat derasnya arus globalisasi terhadap nilai, sistem, ideologi yang tidak sesuai dengan bangsa Indonesia. Maka pendidikan kritis dijadikan filter agar terwujud kerukunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kedua relevansi pemikiran pendidikan kritis Prof. Tilaar terdapat beberapa dimensi. pertama dimensi kebebasan manusia, keduanya memenekankan kebebasan bertanggung jawab atas dirinya, dan atas realitas lingkungannya. Kemudian dalam dimensi pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, keduanya meyakini peserta didik sebagai makhluk yang unik memiliki potensi-potensi untuk dikembangkan. Oleh karena itu komunikasi atau dialog lebih diutamakan dalam kegiatan belajar mengajar. Terakhir dimensi tujuan, keduanya untuk memperdayakan manusia atau peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya. Kata Kunci: Pendidikan Kritis Prof. Tilaar, Relevansi, Pendidikan Islam, Pembebasan. date: 2013-06-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: PIRMAN JOYO, NIM. 09470002 (2013) PEMIKIRAN PENDIDIKAN KRITIS PROF. H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/4/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/5/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/6/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/7/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/8/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/9/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/10/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/11/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9185/21/small.jpg