eprintid: 9186 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/86 datestamp: 2013-09-02 03:39:23 lastmod: 2017-01-27 03:13:02 status_changed: 2013-09-02 03:39:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LIANA NUR BAROROH, NIM. 09480085 title: PERAN WALI KELAS DAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWAKELAS VB MIN TEMPEL SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: LIANA NUR BAROROH. Peran Wali Kelas dan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling pada Siswa Kelas VB MIN Tempel Sinduharjo Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan siswa yang terjadi pada siswa kelas VB sehingga dapat menghambat belajar serta mempengaruhi perilaku siswa. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan peran guru bimbingan konseling dan guru wali kelas terhadap pelayanan bimbingan konseling pada siswa kelas VB MIN Tempel dengan berbagai upaya yang dapat memberikan motivasi kembali bagi siswa. Siswa akan lebih terbuka kepada guru terhadap masalah yang siswa alami sehingga siswa kembali nyaman dalam belajar dan beraktifitas di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Guru Bimbingan Konseling dan guru wali kelas terhadap pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas VB MIN Tempel Ngaglik. Peran wali kelas VB MIN Tempel yaitu mengayomi suatu kelas yang dipegangnya. Seorang wali kelas selain mengajar mata pelajaran yang diampunya, juga diminta untuk membimbing pribadi setiap siswa dikelas yang di pegangnya. Sedangkan peran guru bimbingan konseling adalah melayani dan membimbing siswa serta membantu menangani siswa yang bermasalah yaitu menangani masalah perilaku atau moral siswa. Guru bimbingan konseling mengatasi kenakalan siswa saja sedangkan masalah belajar siswa, guru bimbingan konseling menyerahkan kepada wali kelas atau guru yang mengampu mata pelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif, yaitu mengumpulkan dan menyusun data kemudian menganalisis dan mengintepretasikannya tentang data tersebut. Penelitian dilaksanakan menggunakan berbagai metode yaitu wawancara, observasi, dokumentasi terhadap peran wali kelas dan guru bimbingan konseling dalam pelayanan bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan siswa terjadi karena adanya perilaku agresif pada siswa yang mempengaruhi tingkat masalah meningkat serta kurangnya perhatian orang tua dan pengawasan orang tua terhadap siswa. Peran wali kelas dan guru bimbingan konseling sama-sama berperan penting tetapi guru bimbingan konseling lebih memberikan pelayanan dan bimbingan dalam mengatasi masalah perilaku dan moral siswa sedangkan wali kelas memberikan pelayanan dan bimbingan dari permasalahan belajar hingga perilaku atau moral siswa. Kata Kunci: Peran Wali Kelas, Peran Guru BK dan Pelayanan Bimbingan Konseling date: 2013-06-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LIANA NUR BAROROH, NIM. 09480085 (2013) PERAN WALI KELAS DAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWAKELAS VB MIN TEMPEL SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9186/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9186/1/BAB%20II%2C%20III.pdf