TY - THES ID - digilib9187 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9187/ A1 - OFI ROFI?AH, NIM. 09410045 Y1 - 2013/06/07/ N2 - Ofi Rofi?ah. Nilai-nilai pendidikan islam dalam kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MAN Wonokromo Bantul. Skripsi. Yogyakarta : jurusan pendidikan agama islam fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selain kurikulum resmi, dalam pendidikan juga terdapat kurikulum tersembunyi/ hidden curriculum yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam hal emosional, sosial, dan spiritual yang menjadi tujuan utama pendidikan. Akan tetapi kurikulum tersembunyi ini sering terabaikan/kurang diperhatikan oleh pihak-pihak pendidikan, terutama pendidik. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apasaja bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi di MAN Wonokromo Bantul dan nilai-nilai pendidikan islam apa saja yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bentukbentuk kurikulum tersembunyi di MAN Wonokromo Bantul beserta nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan dan memilih data yang telah diperoleh untuk dapat ditarik kesimpulan dan mudah difahami. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi waktu yaitu memadukan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam waktu dan situasi yang berbeda. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi di MAN Wonokromo Bantul yaitu : a. kegiatan senyum-salam-sapa dipagi hari, b. pembiasaan mengenakan pin merah putih, c. pembiasaan melaksanaan sholat duha, d.sholat dzuhur berjama?ah, e. bersalaman dengan guru sejenis ketika berjumpa, f. mengucapkan salam ketika masuk ruangan tertentu (Ruang UKS, ruang TU, ruang Guru, ruang Kepmad, ruang Wakamad), g. Pelayanan dan tutur kata yang baik dan sopan oleh staf guru dan karyawan madarasah, h. Outdoor Study, i.Figur guru yang inspiratif dan bersahabat, j. pembacaan ayat suci AlQur?an, solawat nabi, asmaul husna dan doa sebelum belajar ketika akan memulai jam pelajaran pertama. 2) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam kurikulum tersembunyi di MAN Wonokromo dapat digolongkan menjadi 3 dimensi, yaitu (a) Dimensi spiritual yang isinya adalah nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT., (b) Dimensi Budaya dan sosial yang terdiri dari nilai tanggungjawab, Nasionalisme, disiplin, sopan santun, keteladanan, kerjasama, membiasakan mengucap salam dan keikhlasan, menghormati orang lain/humanisme, dan nilai keramahan., (c) Dimensi Kecerdasan, meliputi : aktif dan kreatif, inspiratif, dan semangat belajar/ Tholabul ?Ilmi dan rasa ingin tahu. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL AV - restricted ER -