%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUDIN, NIM. 09481022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9189 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL HUDA KEBOSUNGU DLINGO BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9189/ %X NURUDIN “ Penerapan Strategi Jigsaw Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V MI Al Huda Kebosungu Dlingo Bantul”. Skripsi.Yogyakarta : Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang dalam PTK ini adalah adanya berbagai permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran fiqih berlangsung. Permasalahan tersebut antara lain rendahnya tingkat partisipasi dan hasil belajar siswa,di mana salah satu di antara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang tepat dari guru yang bersangkutan. Skripsi ini berupa penelitian tindakan kelas yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan prestasi/ hasil belajar siswa kelas V MI Al Huda Kebosungu Dlingo Bantul pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan taggart dengan alur dua siklus,yang setiap siklusnya terdiri dari kegiatan ; perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi,catatan lapangan,wawancara,metode tes,dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa,dan data hasil belajar siswa. Untuk menganalisa data keaktifan siswa peneliti menggunakan analisis diskriptif kualitatif sedangkan data hasil belajar dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 58.08 dengan persentase hasil belajar sebesar 58% dalam kategori kurang paham dan hanya 2 dari 12 siswa yang sudah mencapai KKM. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 6 orang siswa dengan rata-rata 72.25 dan persentase tingkat pemahaman sebesar 72% atau kategori cukup paham, artinya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 14 % dari siklus I. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 15 % , yaitu dari rata-rata 72.25 pada siklus I menjadi 87.67 atau persentase pemahaman 88% dalam kriteria paham pada siklus II . Siswa yang mencapai ketuntasan 12 orang siswa ( 100 % ) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 79. Begitu juga dengan tingkat aktifitas siswa, dari siklus I ke siklus berikutnya mengalami peningkatan secara signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan keaktifan dan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan setelah diterapkan strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran fikih di kelas V MI Al Huda .