%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR LAILA MILADIAH, NIM. 09470005 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9191 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KISAH NABI YUSUF DALAM SURAT YUSUF %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9191/ %X Nur Laila Miladiah. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013. Latar belakang penelitian, adanya arus globalisasi yang ditandai dengan kehidupan yang serba teknikal dan profesional, diramalkan banyak orang yang mengabaikan dimensi moral dan agama dalam kehidupan. Masyarakat akan bertumpu pada sendi-sendi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang seharusnya diimbangi dengan moral dan religi, agar tidak melunturkan kerendahan hati manusia. Setiap muncul problem dalam kehidupan bermasyarakat, obat penyembuhnya diharapkan dari pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pendidikan karakter untuk menumbuhkembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna secara moral dan menjadikan manusia berakhlak. Untuk itu hal yang dapat dilakukan dalam Pendidikan Karakter adalah pengkajian nilai-nilai Pendidikan Karakter. Karena karakter (akhlak) menempati kedudukan yang istimewa dan sangat penting. Salah satu metode yang kreatif dan mudah diterima oleh masyarakat yaitu metode bercerita. Suatu keteladanan mempunyai posisi yang tanpa disadari mampu mempengaruhi jiwa seseorang. Apalagi kisah tersebut terkandung dalam al-Qur’an, seperti Kisah Nabi Yusuf. Dalam surat tersebut diungkapkan mengenai nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Yusuf dan beberapa di dalamnya, seperti saudara-saudara Yusuf, sang raja, istri raja, dan lainnya. Penelitian ini dilihat dari jenisnya merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan filosofis (pemecahan masalah diselidiki secara rasional melalui penalaran yang terarah) dan pedagogis (mencoba menjelaskan lebih rinci konsep yang ada dengan menggunakan teori pendidikan, yakni menganalisa lebih dalam nilai-nilai pendidikan karakter kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf). Sedangkan dalam metode pengumpulan data adalah dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Dalam hal ini penulis mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan karakter kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf, serta relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan dengan tujuan Pendidikan Nasional. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut adalah nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Beberapa nilai tersebut relevan dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu Takwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab.