%A NIM. 09410278 NUR HIDAYATIN KHOTIMAH %T HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA %X NUR HIDAYATIN KHOTIMAH. Hubungan antara kompetensi profesional dan pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa kelas IX dalam pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Ngemplak Sleman. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya guru mempunyai peran yang paling penting dalam pendidikan, karena bagi siswa guru dijadikan faktor teladan. Guru menjadi fasilitator dan motivator yang melayani, membimbing, dan membina siswa menuju gerbang keberhasilan. Guru juga bertugas memberikan kemudahan belajar pada siswa, agar mereka dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan, penuh semangat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Akan tetapi pada kenyataannya, siswa masih kurang minat dalam pelajaran al-Qur’an Hadits, dalam hal ini bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pelajaran al-Qur’an Hadits. Padahal pelajaran alQur’an Hadits termasuk pelajaran yang penting dalam sekolah yang berbasis Islam seperti madrasah. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kompetensi profesional dan pedagogik guru alQur’an Hadits, bagaimana prestasi belajar siswa, dan bagaimana hubungan antara kompetensi profesional dan pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa kelas IX dalam pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta sebanyak 70 siswa. pengambilan sampel dilakukan secara acak. Jumlah sampelnya sebanyak 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 32 butir angket terdapat 28 butir yang valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,624 dan 0,838 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, korelas ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi profesional guru al-Qur’an Hadits di MTsN Ngemplak termasuk dalam kategori cukup baik dengan mendapatkan 34,48%. 2) Kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadits MTsN Ngemplak adalah 37,93% dalam kategori cukup baik. 3) Nilai prestasi belajar AlQur’an Hadits siswa kelas IX MTsN Ngemplak memperolah hasil sebanyak 48,27% tergolong kategori cukup baik. 4) Tidak ada hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa kelas IX dalam pelajaran al-Qur’an Hadits. Hal ini ditunjukkan dari taraf 5% adalah 0,199< 0,250 dan 1% adalah -0,199< 0,325. 5) Tidak ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas IX. Ditunjukkan dari taraf 5% adalah -0,078< 0,250 dan 1% adalah -0,078< 0,325. 6) Tidak ada hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional dan pedagogik guru al-Qur’an Hadits dengan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Negeri Ngemplak. Ditunjukkan dari hasil korelasi ganda (R) = 0,197. Untuk menguji signifikansi korelasi ganda diperoleh F hitung sebesar 1,117. harga F tabel = 3,15. Dengan demikian F hitung lebih kecil dari F tabel (1,117 < 3,15). %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9192