relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9194/ title: KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA creator: EKO YULIANI HASANAH, NIM.09480022 subject: Pendidikan Agama Islam description: Eko Yuliani Hasanah, Korelasi Antara Peran Guru Bimbingan Konseling Dengan Prestasi Siswa Kelas IV b di MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) ada atau tidaknya korelasi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imigiri, Bantul, Yogyakarta. 2) besarnya korelasi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. 3) besarnya konstribusi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV b MIN Kebonagung sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat korelasi positif yang erat dan signifikan antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi siswa kelas IV B MIN Kebonagung. (2) korelasi antara peran guru bimbingan Konseling dengan prestasi siswa kelas IV b di MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta tinggi dan signifikan dengan nilai korelasi 0,738 dengan sig 0.001 < 0.005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Korelasi yang tinggi dan tidak signifikan menunjukkan bahwa intensitas peran guru bimbingan konseling semakin tinggi maka prestasi belajar para siswa naik secara signifikan. Korelasi yang signifikan menandakan adanya peran guru bimbingan yang sangat tinggi dan berpengaruh pada prestasi siswa. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Peran Guru Bimbingan Konseling date: 2013-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9194/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9194/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: EKO YULIANI HASANAH, NIM.09480022 (2013) KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.