eprintid: 9195 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/91/95 datestamp: 2013-09-03 05:05:14 lastmod: 2017-07-28 06:27:43 status_changed: 2013-09-03 05:05:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DINA FAIZAH, NIM. 09410129 title: PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MTS N SEYEGAN SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: DINA FAIZAH. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Minat dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih rendahnya minat dan hasil belajar PAI siswa. Hal ini justru terjadi pada siswa di sekolah yang memiliki ciri khusus keislaman, seperti di MTs. Hal ini dikarenakan siswa menganggap bahwa mereka merasa kurang mampu untuk bisa belajar PAI dengan baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh konsep diri terhadap minat dan hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konsep diri yang dimiliki dengan minat dan hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan, dengan mengambil lokasi di MTs N Seyegan Sleman dan menjadikan siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman sebagai subjek penelitian. Penelitian ini mengambil sampel 50% dari jumlah populasi kelas VIII (180 siswa) yaitu sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode Angket dan Dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket konsep diri terdapat 11 butir terbukti valid, 25 butir angket minat belajar terbukti 15 butir angket valid, sedangkan analisis reliabilitasnya menunjukkan koefisien reliabilitas untuk konsep diri sebesar sedangkn untuk minat belajar sebesar dan dinyatakan reliabel, analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Diperoleh r hitung sebesar 0.714 terletak pada interval 0,60-0,799 dengan kategori tinggi. Diprekdisikan bahwa variabel kriterium (Y1) rata-rata akan berubah sebesar 0.974 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada variabel predaktor (X). 2) Terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Diperoleh r hitung sebesar 0.085 terletak pada interval 0,00-1,99 dengan kategori sangat rendah. Diprekdisikan bahwa variabel kriterium (Y2) rata-rata akan berubah sebesar 0.195 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada variabel predaktor (X). 3) Pengaruh variabel konsep diri terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman lebih besar (0,974) daripada pengaruh variabel konsep diri terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Ini artinya variabel konsep diri mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap minat belajar PAI siswa. Sedangkan untuk variabel konsep diri terhadap hasil belajar PAI mempunyai pengaruh yang sangat rendah. date: 2013-06-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DINA FAIZAH, NIM. 09410129 (2013) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MTS N SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9195/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9195/2/BAB%20II%2C%20III.pdf