<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013)"^^ . "Judul penelitian ini adalah “Mind Map\r\n\r\n dalam Pengajaran Kosakata Bahasa\r\nArab; Upaya Optimalisasi Aktivitas Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa\r\nKelas VII-B SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun 2012/2013”. Penelitian\r\nini bermula dari latar belakang perlunya metode alternatif dalam pengajaran\r\nkosakata bahasa Arab sebagai respons atas kurang optimalnya aktivitas belajar\r\nsiswa yang tentunya berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Aktivitas siswa\r\ndalam merespon stimulus dari guru, perhatian siswa terhadap materi ajar dan\r\npelaksanaan tugas dari guru menjadi rutinitas-formalitas semata. Khususnya\r\ndalam memorisasi kosakata, metode hafalan verbal dengan teknik pencatatan\r\nkonvensional membuat proses memorisasi ini menjadi tidak optimal. Metode\r\nhafalan dengan teknik pencatatan konvensional ini membuat daya retrieval\r\n(memanggil kembali data) siswa lemah. Keadaan seperti ini berpotensi\r\nmenimbulkan keengganan dalam belajar dan menurunnya hasil belajar siswa.\r\nOleh karena itu diperlukan metode alternatif yang mampu mengoptimalkan\r\naktivitas belajar siswa dalam proses memorisasi ini pada khususnya dan PBM\r\nsecara umum. \r\n Untuk mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar\r\nsiswa dalam penguasaan kosakata bahasa Arab dilakukan di penelitian tindakan\r\nkelas (PTK) dengan menggunakan metode mind map\r\n\r\n Tony Buzan (dengan\r\nsoftware pelengkap imindmap\r\n\r\n ultimate 4.1). Penelitian ini merupakan penelitian\r\nkualitatif jenis penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Pendekatan\r\npenelitian berdasarkan pada teori psikologi perkembangan kognitif Jean Piaget.\r\nSedangkan analisis data dilakukan melalui teknik observasi meliputi aktivitas\r\nbelajar siswa pra-tindakan dan pasca-tindakan, tes dan dokumentasi sebelum dan\r\nsesudah dilakukan tindakan (treatment). \r\n Penelitian ini dilakukan di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dengan 3\r\nsiklus. Pada siklus pertama siswa belum dapat beradaptasi dengan metode mind\r\nmap\r\n\r\n dan mengalami transisi kebiasaan belajar dari gaya belajar kognitif\r\n(konvensional) ke gaya belajar kreatif (mind map\r\n\r\n ) sehingga dilakukan tindakan\r\ndengan memberi penjelasan mengenai prinsip-prinsip mind map\r\n dan guru\r\nmenerapkan metode ini dengan menggabungkan beberapa metode yang sesuai\r\ndengan karakteristik mind map\r\n\r\n . Pada akhirnya (siklus kedua dan ketiga)\r\nsebagian besar siswa mampu beradaptasi dengan metode ini dan memperoleh\r\nimplikasi yang signifikan. \r\n Dari hasil observasi rerata skor aktivitas belajar siswa selama 3 siklus\r\nberturut-turut 6,0 (50%); 7,8 (65%); dan 8,9 (79,5%). Sedangkan hasil belajar\r\nsiswa melalui tes harian diperoleh skor 90,25 pada tes pertama; 74,1 pada tes\r\nkedua; dan 95,29 pada tes ketiga. Sedangkan rerata nilai ujian sekolah siswa dari\r\nskor rerata 66,65 (pada ujian akhir semester I) menjadi 81,59 (pada ujian tengah\r\nsemester II). Melalui data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mind map\r\n \r\ndapat mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar\r\nsiswa."^^ . "2013-06-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06420015"^^ . "CUCU CAHYANA"^^ . "NIM. 06420015 CUCU CAHYANA"^^ . . . . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Text)"^^ . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MIND MAP DALAM PENGAJARAN \r\nKOSA KATA BAHASA ARAB \r\n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \r\nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9197 \n\nMIND MAP DALAM PENGAJARAN \nKOSA KATA BAHASA ARAB \n (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA \nKELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .