TY - THES ID - digilib9199 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9199/ A1 - NAZAMIM, NIM. 09481043 Y1 - 2013/06/29/ N2 - Nazamim, ?Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-GamesTournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MI Ma?arif Kediwung Tahun Pelajaran 2012/2013?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Ma?arif Kediwung Dlingo Bantul pada mata pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tidak efektif. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dimana siswa selalu dikondisikan hanya mendengar, melihat dan mencatat. Hal ini menjadikan kurangya kerjasama antar siswa sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif dalam proses pembelajarannya. Peneliti melihat permasalahan tersebut menjadi salah satu penghambat proses pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa selama ini. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memeperbaiki proses pembelajaran yang dirasakan masih kurang. Proses pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-GamesTournament (TGT) yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di MI Ma?arif Kediwung Dlingo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika di kelas V MI Ma?arif Kediwung (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V MI Ma?arif Kediwung dlingo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VMI Ma?arif Kediwung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (post test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian. Berdasarkan analisis data dengan ukuran nilai rata-rata kelas (mean) dan penilaian dengan standard skala 1-100, diperoleh data pada post test siklus I nilai yang tuntas KKM mencapai 13 (87%) dengan nilai rata-rata kelas 66,4. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Nilai yang tuntas KKM mencapai 15 (100%) dengan nilai rata-rata kelas 84,1. Maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V MI Ma?arif Kediwung Tahun pelajaran 2012/2013. Prestasi meningkat dari rendah menjadi sangat tinggi. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Teams-Games-Tournamnet (TGT), Pembelajaran Matematika kelas V MI Ma?arif Kediwung. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MA?ARIF KEDIWUNG DLINGO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -