eprintid: 9201 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/92/01 datestamp: 2013-09-05 04:57:54 lastmod: 2017-07-28 02:21:57 status_changed: 2013-09-05 04:57:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANASTASIA DANSY NOVITASARI, NIM. 09410156 title: METODE PEMBELAJARAN AKHLAK MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: ANASTASIA DANSY NOVITASARI. Metode Pembelajaran Akhlak Menurut K.H. Ahmad Dahlan dan Relevansinya dengan Pembelajaran Akhlak dalam Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini mencoba menjelaskan dan menggambarkan tentang dasar pemikiran K.H. Ahmad Dahlan mengenai pengamalan ayat-ayat Al-Qur‟an dalam praktek kehidupan sehari-hari, kemudian dihubungkan dengan akhlak dan mencari metode pembelajaran yang tepat untuk akhlak tersebut. Selanjutnya mencari relevansinya dengan pembelajaran akhlak dalam Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dan bagaimana relevansi konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak dalam Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan serta mengetahui dan menjelaskan relevansi konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak dalam Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan wawasan dan pengetahuan tentang konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dan relevansi konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak dalam Islam serta menambah khazanah intelektual dan keilmuan khususnya terhadap pemikiran K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil salah satu tokoh pendidikan Islam yaitu K.H. Ahmad Dahlan. Sumber data didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu buku-buku referensi tentang tokoh K.H. Ahmad Dahlan maupun dari internet dan artikel-artikel tentang tokoh tersebut. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan menjelaskan bahwa manusia dalam hidupnya harus berpedoman pada Al-Qur‟an dan Sunnah Rasul, serta harus selalu menggunakan akal pikiran sesuai jiwa ajaran Islam. Dalam memberikan pelajaran akhlak pada murid-muridnya, K.H. Ahmad Dahlan menggunakan metode pembiasaan. (2) Konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan relevan dengan konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak dalam Islam. Hal ini dapat dilihat dari konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan yang juga sejalan dengan konsep akhlak dan metode pembelajaran akhlak dalam Islam. date: 2013-06-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANASTASIA DANSY NOVITASARI, NIM. 09410156 (2013) METODE PEMBELAJARAN AKHLAK MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9201/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9201/1/BAB%20II%2C%20III.pdf