%0 Thesis %9 Skripsi %A AKHMAD ANNAS AKBAR RIDHO, NIM. 07410349 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9202 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA MTs Al-IMAN KAJORAN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9202/ %X AKHMAD ANNAS Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi Belajar Fiqih Siswa. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Dra. Sri Sumarni, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya motivasi belajar fiqih siswa didalam kelas. Oleh karena itu perlu di untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun lokasinya yakni MTs Al-Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebanyak 97 siswa. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase 34.02%. 2) Motivasi belajar siswa cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi Belajar Fiqih Siswa, ditunjukkan dalam tabel signifikansi 1%=0.263 yaitu disimpulkan bahwa ada hubungan antara guru fiqih mempengaruhi motivasi belajar fiqih siswa MTs AL Magelang. AKHMAD ANNAS AKBAR RIDHO. 07410349. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya motivasi belajar fiqih siswa didalam kelas. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu lisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase 34.02%. 2) Motivasi belajar siswa di MTs Al-Iman Kajoran Magelang dalam kategori cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi Belajar Fiqih Siswa, ditunjukkan dalam tabel r product moment yang diperoleh taraf 263 yaitu > 1% 0.953>0.263. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi tentang kompetensi kepribadian fiqih mempengaruhi motivasi belajar fiqih siswa MTs AL-Iman Kajoran , Program Studi Pendidikan Pembimbing Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya adakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu lisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase Iman Kajoran Magelang dalam kategori cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi diperoleh taraf engan demikian dapat kepribadian Iman Kajoran