@phdthesis{digilib9205, month = {June}, title = {PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SDIT AL HASNA KLATEN)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420050 QAMARUDIN DWI ANTORO}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9205/}, abstract = {Qamarudin Dwi Antoro. Permainan edukatif dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab (Studi kasus di SDIT Al Hasna Klaten). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 1 di SDIT Al Hasna Klaten, hasil, faktor pendukung dan penghambat. Adapun pendekatan penelitian ini merupakan kualitatif dan strategi penelitian ini adalah studi kasus, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan guru bahasa Arab yang dipilih secara purposive sampel. Hasil penelitian ini adalah guru menggunakan permainan eduaktif bernyanyi, tebak kata (sebut benda, tunjuk anggota tubuh, bingo kata, menggambar) dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hasil yang dicapai, (1)Permainan edukatif memberikan pemahaman kosakata bahasa Arab kepada siswa melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar berdasarkan hasil nilai ulangan harian dan proses tanya jawab dalam permainan, (2)Permainan edukatif memberikan daya rangsang terhadap anak untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran, (3)Permainan eduaktif menguatkan daya ingat dan melancarkan pengucapanpengucapan dalam kosakata bahasa Arab berdasarkan hasil proses tanya jawab dalam permainan selama observasi kegiatan pembelajaran, (4) Meningkatkan kualitas dan minat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa. Adapun faktor penghambat yaitu terdapat pada siswa yang belum lancar dalam menulis Arab, dan waktu yang kurang, dan faktor pendukung terdapat pada guru, siswa dan fasilitas sekolah. Kata Kunci: Permainan edukatif dan kosakata} }