@phdthesis{digilib9207, month = {June}, title = {PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN IMAJINASI DAN KREATIFITAS DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV MI AL ISLAM TEMPEL }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09481029 SUMARNO}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9207/}, abstract = {Sumarno. Penggunaan Multimedia Untuk Mengembangkan Kemampuan Imajinasi dan Kreatifitas dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Kelas IV MI Al Islam Tempel. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pandidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah, Selama ini strategi yang dipakai dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kurang dikembangkan. Penyampaian materi selain monoton pelajarannya terkesan ala kadarnya bahkan cenderung membosankan, akibatnya siswa kurang perhatian dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Kondisi seperti ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang asyik bermain pewarna, kertas ataupun tempat pensil, ada yang berbicara dengan temannya ada pula yang asyik dengan mainanya, bahkan mengganggu temannya yang lain. Akibatnya, nilai rata-rata Seni Budaya dan Keterampilan masih cukup rendah yaitu masih dibawah KKM. Maka dari itu diperlukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Multimedia yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Imajinasi dan Kreatifitas dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV MI Al Islam Tempel setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengambil latar MI Al Islam Tempel, Jl. Magelang KM. 17 Ngosid Margorejo Tempel Sleman. Langkah-langkah penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia cukup efektif, karena dapat mengembangkan kemampuan Imajinasi dan Kreatifitas dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV MI Al Islam Tempel, terbukti dengan adanya peningkatan antusiasme, motivasi, senang, perhatian, rasa ingin tahu, kreatif dan inovatif, memahami materi Seni Budaya dan Keterampilan, semangat mengerjakan tugas, berani bertanya dan mengemukakan pendapat. Hasil tes pra siklus I sebesar 27 \%, kemudian setelah diadakan penelitian siklus I menunjukkan hasil sebesar 47 \% , dan setelah siklus II sebesar 83\%, maka persentase nilai ketuntasan belajar siswa dalam hal ini ada peningkatan 56 \%. Dengan demikian multimedia dapat mengembangkan kemampuan Imajinasi dan Kreatifitas dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV MI Al Islam Tempel. Kata kunci : Multimedia, Imajinasi, Kreatifitas, Seni Budaya dan Keterampilan } }