eprintid: 9210 rev_number: 38 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/92/10 datestamp: 2013-09-06 03:01:29 lastmod: 2017-05-03 02:06:41 status_changed: 2013-09-06 03:01:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: I’ANATUL MUNJIYAH, NIM. 09420171 title: STUDI KORELASI PEMAHAMAN KITAB AL AL-JURUMIYYAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS I MARHALAH I A MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: I’ANATUL MUNJIYAH, Studi Korelasi Pemahaman Kitab AlAjurumiyyah dengan Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas I Marhalah I A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pemahaman kitab Al-Ajurumiyyah dengan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas I Marhalah I A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : nilai rata-rata tes pemahaman kitab Al-Ajurumiyyah siswa termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 82. Sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan membaca teks siswa termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 83. Kemudian dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif dan sangat signifikan antara pemahaman kitab Al-Ajurumiyyah dengan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas I Marhalah I A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,976. Sehingga hubungan ini termasuk dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian kesimpulannya adalah tinggi rendahnya pemahaman kitab Al-Ajurumiyyah sangat kuat hubungannya dengan tinggi rendahnya kemampuan membaca teks Arab siswa kelas I Marhalah I A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Semakin siswa paham kitab Al-Ajurumiyyah semakin tinggi pula kemampuan membaca teks arab siswa yang dicapai siswa. date: 2013-06-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: I’ANATUL MUNJIYAH, NIM. 09420171 (2013) STUDI KORELASI PEMAHAMAN KITAB AL AL-JURUMIYYAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS I MARHALAH I A MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9210/33/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9210/1/BAB%20II%2C%20III.pdf