%0 Thesis %9 Skripsi %A INDAH MELISA, NIM. 09420071 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9212 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF BAHASA (MISSING LYRICS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS LB/A YAKETUNIS (YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM) TAHUN AJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9212/ %X Indah Melisa, Implementasi Metode Permainan Edukatif Bahasa (Missing Lyrics) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakulas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi metode permainan edukatif bahasa (Missing Lyrics) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa tunanetra kelas VII MTs Yaketunis Yogyakarta. dan apa saja kelebihan dan kekurangan metode permainan edukatif bahasa (Missing Lyrics) dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Penelitian ini dilakukan tiga kali pertemuan dan pengambilan data secara keseluruhan tidak menggunakan metode sampling karena jumlah siswa sebagai subyek penelitian dalam satu kelas hanya 4 siswa, yaitu kelas VII yang terdiri dari 3 siswa yang mengalami tunanetra atau tidak berfungsinya saluran optik dan 1 siswi yang mengalami Low Vision yaitu anak yang masih mampu menerima rangsang cahaya dari luar sehingga harus diterapkan suatu metode pembelajaran yang sesuai. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode permainan edukatif bahasa (Missing Lyrics) dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa tunanetra. Jadi, Implementasi metode permainan edukatif bahasa (Missing Lyrics) dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa tunanetra terutama dalam kemampuan mengidentifikasi bunyi huruf Arab, mampu menirukan dan memahami lirik-lirik yang diperdengarkan, dan mampu mengungkapkan kembali lirik-lirik yang didengar dengan baik.