%0 Thesis %9 Skripsi %A MARYANI, NIM. 09470045 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9217 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T KORELASI ANTARA CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9217/ %X Maryani, Korelasi Antara Cara Belajar Dan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik . Skripsi.Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah bagian dari sekian banyak jenis prestasi peserta didik yang tercetak dalam bentuk raport. Akhir-akhir ini, banyak dari peserta didik yang kurang memperdulikan pelajaran PAI, bahkan beberapa diantara mereka menganggap bahwa Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang bisa mereka dapatkan di lembaga-lembaga keislaman (TPA), Hal ini berakibat pada kurang tanggapnya mereka terhadap mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan pertama, untuk mengetahui apakah ada korelasi antara cara belajar dan prestasi belajar PAI peserta didik. 3 variabel cara belajar, yaitu membaca, mencatat dan mengerjakan tugas merupakan independent variable, sedangkan prestasi belajar PAI dalam hal ini nilai raport peserta didik merupakan dependent variable. Kedua, untuk mengetahui kontribusi faktor cara belajar terhadap prestasi belajar PAI peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pleret, Bantul Yogyakarta dengan sampel sebanyak 99 peserta didik yang diambil dari kelas VII, VIII, dan IX. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random dengan mengacu pada tabel random sampling. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, descriptive statistics dan crosstabs untuk mengetahui sebaran distribusi hubungan antar variabel. Kedua, analisis korelasi dan regresi dengan menggunaakan SPSS ( Statistical Package for Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil analisa data menunjukkan bahwa Membaca dan mengerjakan tugas merupakan indikator yang terbukti berkorelasi dengan prestasi PAI peserta didik dengan angka signifikan di bawah 0.05 (a < 0.05 ). Sementara itu kontribusi cara belajar terhadap prestasi belajar PAI peserta didik adalah sebesar 12%. Kata kunci: Cara Belajar, Prestasi Belajar, Membaca, Mencatat, dan Mengerjakan Tugas