@phdthesis{digilib9219, month = {June}, title = {MEDIA TEKS AL-QUR?AN BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR?AN DI KELAS VB SD MUHAMMADIYAH NGIJON I TURGENEN SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09411004 MUH NASIR}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9219/}, abstract = {Muh Nasir, ?Media Teks Al-Qur?an Berwarna Untuk Meningkatkan Partisipasi siswa dalam Pembelajaran Al-Qur?an di Kelas VB SD Muhammadiyah Ngijon 1 Turgenen Sumberagung Moyudan Sleman Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, agar memperoleh hasil pembelajaran yang optimal, siswa harus terlibat secara mental, fisik dan sosial. Secara psikologi maupun teori belajar minat dan perhatian siswa akan lebih mudah tertarik dan mudah mengingat terhadap warna-warna yang menarik. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal maka penulis menerapkan system pembelajaran Al-Qur?an dengan memanfaatkan media teks Al-Qur?an berwarna yang diharapkan akan membantu dan mempermudah siswa dalam memahami dan menerapkan cara membaca Al-Qur?an sesuai kaidah ilmu Tajwid. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penerapan media teks Al-Qur?an berwarna dalam pembelajaran Al Qur?an di Kelas VB SD Muhammadiyah Ngijon 1. (2) Apakah media Teks Al-Qur?an berwarna akan mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran AlQur?an di Kelas VB SD Muhammadiyah Ngijon 1. Media Teks Al-Qur?an berwarna untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur?an. Methode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : melalui observasi, wawancara , angket partisipasi siswa dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : Partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan pada pra siklus dan setiap akhir siklus, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada pra siklus dan akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasilmencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa. (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan di sekolah SD Muhammadiyah Ngijon 1. Hasil penelitian menunjukkan media Teks Al-Qur?an berwarna mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur?an di kelas VB SD Muhammadiyah Ngijon 1, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil penilaian angket partisipasi siswa dan prestasi belajar siswa antara siklus 1 dan 2 sebesar 6,01\%. Kata Kunci : Media Teks Al- Qur`an berwarna,Peningkatan Partisipasi siswa } }