%A NIM. 07420046 MUHAIL %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUHADASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %X Muhail. Implementasi pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran muhadatsah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra dan mengetahui sejauh mana kesesuaian antara metode dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah santri Ibnul Qoyyim Putra Bantul kelas IX. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisa data kualitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul terdiri dari beberapa tahap, yaitu pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, dan penutup. Pada tahap pembukaan berisi salam pembuka oleh guru, menanyakan kabar, berdo’a, dan mengabsen. Pada kegiatan inti berisi mudzakaroh, penambahan satu kosa kata baru, dan setiap santri putra diminta untuk membuat kalimat serta berlatih berbicara menggunakan kosa kata baru. Pada tahap evaluasi guru memberikan tanggapan terhadap kalimat-kalimat yang telah dibuat oleh para santri. Pada penutup berisi do’a dan salam. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9220