<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n"^^ . "Muhamad Iqbal Ihsani. Konsep Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam\r\n(Rekonstruksi Pemikiran Muhammad Iqbal). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan\r\nAgama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.\r\n Penelitian ini bertujuan menganalisa dan mendeskripsikan konsep peserta\r\ndidik (rekonstruksi pemikiran Muhammad Iqbal) dan implikasi konsep tersebut\r\nterhadap pendidikan agama Islam. Manusia adalah makhluk yang dianugerahi\r\noleh Allah dengan struktur sempurna yang terdiri atas unsur jasmaniah (fisiologis)\r\ndan rohaniah (psikologis). Dalam struktur jasmaniah dan rohaniah itu, Allah\r\nmemberikan seperangkat kemampuan dasar yang dimiliki kecenderungan\r\nberkembang, dalam psikologi disebut potensialitas atau disposisi, yang menurut\r\naliran psikologi behaviourisme disebut prepotence reflexes (kemampuan dasar\r\nyang secara otomatis dapat berkembang). Perilaku kekerasan semakin hari\r\nsemakin nampak, dan sungguh menganggu kehidupan. Hal ini banyak terjadi pada\r\nanak-anak yang mengalami kekerasan oleh para guru di sekolah atau orang tua di\r\nrumah menjadi obyek pelampiasan amarah, nafsu, atau yang lain. Berangkat dari\r\nitulah penelitian ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk merumuskan kembali\r\nbagaimana konsep peserta didik yang sesungguhnya sehingga mampu menjadikan\r\nsebagai calon-calon pemimpin dunia di masa depan nantinya. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian literer yaitu dengan mengedepankan\r\ndan membangun konsep atau merumuskan sebuah gagasan suatu tokoh. Penelitian\r\nini menggunakan pendekatan filosofis karena bentuk penelitian literer dengan\r\ncorak analisis tekstual yang berorientasi pada upaya membangun konsep atau\r\nmemformulasikan suatu ide pemikiran untuk mendapatkan sebuah kesimpulan.\r\nPengumpulan data ini memakai metode kepustakaan (library research) yaitu\r\npengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur\r\nbuku, jurnal, majalah, maupun surat kabar yang relevan.\r\n Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep peserta didik dari\r\nrekonstruksi pemikiran Muhammad Iqbal mempunyai konsep sebagai berikut: a)\r\nsifat dan karasteristik yaitu keberanian, toleransi, faqr (prihatin) dan kreativitas, b)\r\nkebutuhan yaitu fisik dan rohani, c) humanis yaitu tauhid dan kenabian (amanat),\r\nd) potensi yaitu panca indera, akal, dan intuisi. Konsep peserta didik dari\r\nformulasi Iqbal mempunyai implikasi terhadap pendidikan agama Islam, baik itu\r\ndari segi tujuan, kurikulum, metode dan evaluasi pendidikan agama Islam.\r\nDengan melihat bahwa tujuan utamanya adalah untuk mencapai spiritual tertinggi\r\nmaka kurikulum yang didesain harus benar-benar membebaskan peserta didik\r\ndalam berkreativitas. Kekuatan tauhid dan amanat menjadi kunci utama untuk\r\nmenentukan bagaimana metode diterapakan. Tafakkur (berfikir) dan tadzakkur\r\n(berdzikir) akan membawa peserta didik untuk dapat lebih mudah memahami\r\nsegala potensinya. Alhasil evaluasi akan berjalan dengan baik sesuai cita-cita\r\nsemangat ajaran Islam.\r\n\r\n"^^ . "2013-06-23" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09410217"^^ . "MUHAMAD IQBAL IHSANI"^^ . "NIM. 09410217 MUHAMAD IQBAL IHSANI"^^ . . . . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Text)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9221 \n\nKONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \n(REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .